Lompat ke isi utama

Berita

Pendaftaran Baru Calon Anggota Panwascam Dibuka, Begini Situasi di Hari Pertama

Pendaftaran Panwascam

Probolinggo - Pendaftaran anggota panitia pengawas Kecamatan pada Pilkada 2024 resmi dibuka oleh Bawaslu Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan petunjuk teknis pendaftaran akan dibuka hingga 7 Mei mendatang. Berbeda pada pemilu sebelumnya bahwa pada tahapan pemilihan serentak tahun 2024 akan dibentuk 27 pendaftar baru yang merupakan kuota sisa dari panwascam eksisting.

"Ya, sebelumnya sudah terdapat 45 orang yang kami seleksi dari panwascam Pemilu 2024. Calon anggota panwascam tersebut sudah melewati seleksi yaitu berupa penilaian evaluasi berdasarkan tes tulis, portofolio, dan penilaian langsung oleh pimpinan" kate Sipu Adi, selaku Ketua Pokja Pembentukan Anggota Panwascam.

Berdasarkan hal tersebut sehingga hanya 17 Kecamatan yang membutuhkan formasi baru untuk memenuhi kuota calon anggota panwascam.

"7 Kecamatan lain telah lengkap artinya dari tiga anggota panwascam terdahulu telah terseleksi dengan baik sehingga tidak ada perubahan formasi. Kecamatan tersebut antara lain Pakuniran, Tongas, Lumbang, Tegalsiwalan, Sumberasih, Dringu, dan Wonomerto" jelas Yonki Hendriyanto.

Namun di hari pertama pendaftaran panwascam  pada minggu 5 Mei 2024 pendaftar hanya mencapai 5 orang yang terbagi menjadi 3 Kecamatan. Akan tetapi Bawaslu Kabupaten Probolinggo optimis di hari Senin dan selasa kuota pendaftar akan mencapai target.

 

Penulis : Anggita Ratih Iriyanti

Gambar : Najib Wahyudi