Lompat ke isi utama

Berita

Belum Sesuai Target, Hari ini 5 Kecamatan Perpanjang Pendaftaran

Pendaftaran Panwascam Perpanjangan

Probolinggo – Tercatat hingga hari terakhir pendaftaran pengawas Pemilu Kecamatan se Kabupaten Probolinggo pada hari Minggu tanggal 5 Mei 2024 pukul 23.59 sebanyak 93 orang pelamar telah menyerahkan berkas pendaftaran ke kantor Bawaslu Kabupaten Probolinggo Jalan MT Haryono Nomor. 466, Kraksaan. 93 orang tersebut merupakan pendaftar baru yang akan berjuang dan memperebutkan 27 posisi calon anggota panwascam di 17 Kecamatan Kabupaten Probolinggo. 

"Ya betul, kami berusaha memenuhi kebutuhan di 17 Kecamatan sebab untuk tujuh Kecamatan lainnya telah terisi lengkap oleh panwascam eksisting yang telah bekerja mulai bulan Oktober tahun 2022" ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Yonki Hendriyanto.

Namun di hari terakhir meskipun telah membuka pendaftaran hingga pukul 23.59 Bawaslu Kabupaten Probolinggo belum mendapatkan pelamar sesuai target. Dikarenakan 5 Kecamatan belum mencapai jumlah pendaftar yang sesuai. 

Disebutkan bahwa 5 Kecamatan tersebut belum mencapai target karena faktor kurangnya pendaftar dan keterlibatan 30% perempuan. Sehingga dibuka pendaftaran umum terdapat Kecamatan Kraksaan dan Sumber, sedangkan khusus pendaftar perempuan dibuka untuk Kecamatan Banyuanyar, Krejengan dan Kuripan.

Yonki mengatakan bahwa meskipun berpotensi diperpanjang, lima Kecamatan tersebut bakal mampu memenuhi kuota jumlah calon pelamar terlebih masih ada tenggat waktu selama 3 hari dari tanggal 9 sampai dengan 11 Mei 2024.

Penulis : Anggita Iriyanti

Editor: Moh. Adlin